Posted by: starhein | November 17, 2007

Leonids Shower

 

leonids100_am.jpg

Apa yang menarik di langit malam bulan November ini? Yup! Kita bisa melihat hujan meteor! Sebuah fenomena yang menakjubkan. Menatap langit cerah penuh taburan bintang, disertai cahaya-cahaya indah melesat cepat seakan merobek malam. Maka, ayo bersiap untuk bangun pagi-pagi sekali, bahkan menjelang subuh jika akan melihat serombongan Leonids ini melintas. Menghadaplah ke wilayah langit utara, lalu temukan rasi bintang Leo, dan dari sanalah meteor Leonids berasal.

 

Hujan meteor Leonids ini dapat dilihat pada tanggal 17,18, dan 19 November. Berinduk pada komet Temple-Tuttle, dan memiliki rata-rata perjam-nya 10-5000 buah meteor.

 

Sama seperti planet, asteroid, komet, dll, meteorid adalah anggota tata surya. Sebuah benda padat yang mengorbit mengelilingi Matahari, melayang-layang di ruang angakasa. Dan seringkali tertarik oleh gravitasi planet atau satelit. Bisa dilihat bagaimana ‘wajah’ Bulan atau Mekurius yang selalu tertabrak meteorid setiap hari. Beruntunglah Bumi kita memiliki lapisan atmosfer yang cukup tebal untuk menahan.

 

Meteorid yang tertarik oleh gravitasi Bumi, akan masuk ke dalam atmosfer dan mengalami gesekan yang menyebabkannya terbakar, sehingga terlihat cahaya yang panjang. Biasanya, meteorid tersebut habis terbakar saat di atmosfer. Namun jika sampai ke permukaan Bumi, dinamakan meteorit. Sungguh ironis jika membayangkan atmosfer kita kerepotan menahan serbuan meteorid-meteorid yang massanya bisa mencapai ratusan ton, sedangkan kita tenang-tenang saja di Bumi dan memanfaatkannya sebagai tontonan spektakuler. Padahal jika ada meteorid yang ‘selamat’ dari tangkapan atmosfer, belum tentu kita selamat juga. Contohnya adalah kawah meteorit di Arizona yang terkenal itu.

 

Sebenarnya, fenomena Bumi kejatuhan meteor terjadi setiap saat, setiap hari, baik siang ataupun malam. Hanya saja jumlahnya tidak terlalu banyak seperti fenomena hujan meteor. Mengapa? Hujan meteor terjadi ketika dalam perjalanan mengelilingi matahari, Bumi melintasi jalur partikel angkasa seperti komet, asteriod, atau benda kecil lainnya. Asteroid dan komet ini yang nantinya disebut benda induk, dapat berbagi orbit dengan si meteorid tadi. Ketika mereka ‘bersenggolan’, terjadilah pecahan materi dan meninggalkan sisa debu dan batuan. Nah, dari tempat itulah hujan meteor berasal. Karena Bumi mengelilingi Matahari secara rutin, maka hujan meteor pun memiliki periodenya sendiri.

 

So, mari kita berdoa semoga Leonids ini cukup menjadi fenomena indah yang menghiasi langit malam. Tanpa perlu ‘menghadiahi’ manusia dengan tubuhnya yang besar. ^_^

 

Berikut adalah tabel jadwal beberapa Peristiwa Hujan Meteor

Some Meteor Showers

Quadrantids

Jan. 3-4

45-200

Perseids

Aug. 12-13

80-200

Comet 1862 III

Orionids

Oct. 21-22

30

Comet Halley

Leonids

Nov. 17-18

10-5000

Comet P/Tempel-Tuttle

Geminids

Dec. 13-14

80

3200 Phaethon

 

Advertisements

Responses

  1. Hmm… Apa di Jakarta Leonids ini masih bisa terlihat?

    Kpingin liat secara nyata…
    Maklum, seumur2 blom pernah liat yg kyk gtuan… 😀

  2. Bisa.. bisa terlihat di wilayah Asia. Asal langitnya cerah yah.. semoga berhasi! ^_^

  3. Saya gak berhasil…
    Gak kliatan… 😦

  4. Sayang sekali… saya dan teman-teman berhasil melihat sampai 20 meteor! warna-warni, pula… hijau, biru, merah, perak… 🙂 semoga lain kali beruntung..

  5. Assalamualaikum,wr,wb…
    Fathia, dela nie..
    link ke blog gue ya (zenletion.wordpress.com) biar rame, hehehe..
    thanks..

    BR

    dela

  6. fathia!! yudha nih. wah, fathia pasti selalu tertarik sama yang namanya astronomi. btw, nama leonid mengingatkan saya pada seseorang:

    leonid bresnev.

    aduh, nge-junk,maaf-maaf

  7. btw, blog saya http://www.yudhaindrawan.wordpress.com kapan-kapan main yah

  8. […] Leonids Shower […]

  9. cori hehe

  10. […] Leonids Shower sugis16 is | Topic: Uncategorized | Tags: None « Pelatihan […]

  11. au pgen liadh…….

    mau nopember nui…..

    bisa liadh kagak eaph?????
    pgen liadh……….

  12. apa meteor tu?


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: